TKQ/TPQ/RA Al-Falah

Home » hikmah » Sholat dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Sholat dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Shalat adalah media seorang muslim dalam berhubungan dengan Allah SWT, Tuhan semesta alam. Di dalam shalat seorang muslim dapat berkomunikasi langsung dan bermunajat, bermohon serta mengadukan segala permasalahan dan problema yang dihadapinya kepada Sang Pencipta. Saat melaksanakn shalat, seorang muslim berhadapan langsung dengan Allah SWT bersimpuh di hadapan-Nya tanpa ada satu hijab pun yang menghalangi. Dengan shalat, seorang muslim akan merasakan ketenangan dan kedamaian.

Selain shalat sebagai media komunikasi dengan Allah, shalat juga merupakan olah fisik sekaligus olah jiwa bila dilakukan dengan tata cara benar sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW. Gerakan dan waktu-waktu khusus dalam melaksanakan shalat menjadikan shalat memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan fisik dan mental. Sebagaimana halnya disebutkan Syeikh Mutawalli Asy-Sya’rawi, beliau mengatakan “Apa pendapat kalian, jika ada sebuah benda yang disodorkan kepada pembuatnya lima kali dalam sehari, apakah benda tersebut akan tidak berfungsi?

Jika ada sebuah alat elektronik yang dikontrol oleh pembuatnya sebanyak lima kali dalam sehari, apakah alat tersebut akan mengalami kerusakan? Tentu alat-alat tersebut akan berjalan dengan baik. Sesungguhnya kita adalah ciptaan Allah SWT, saya tidak tahu apa yang dikerjakan-Nya kepada kita. Namun saya berkeyakinan bahwa jika kita berada dalam situasi dan kondisi yang sempit dalam kehidupan dunia, kemudian kita bersimpuh di hadapan-Nya, tentu Dia akan memberikan kelapangan hati pada kita. Apakah ketenangan itu karena Dia telah melakukan operasi terhadap dada kita? Tentu tidak, mengapa? Sebab Dia memiliki kunci segala sesuatu, termasuk kunci dari seluruh permasalahan yang kita hadapi”.

Nabi Muhammad SAW menjadikan shalat sebagi tempat berteduh dan peristirahatan hati sebagaimana dalam sabda beliau: “Telah dijadikan kelapangan ruhaniku berada dalam shalat.” Juga dalam hadits lain beliau mengatakan kepada Bilal apabila hendak melakukan shalat untuk menyuruhnya adzan:”Biarkanlah kami mendapatkan ketenangan dan kedamaian dengan shalat, wahai Bilal…”

Dalam sebuah majalah di London menurunkan laporan tentang hasil penelitian terhadap kondisi sebagian masyarakat; antara orang-orang yang rutin melakukan ritual ibadah dengan mereka yang acuh terhadap ritual ibadah hasilnya adalah mereka yang tidak terbiasa dan tidak rutin melakukan ritual ibadah lebih banyak memiliki tekanan darah lebih tinggi, memiliki hati yang tidak sehat dan memiliki penguasaan emosi yang labil dibandingkan dengan mereka yang biasa melakukan ritual ibadah.

Juga dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Abdurrahman Al-Umari  menemukan beberapa rahasia dan manfaat shalat, baik ditinjau dari kesehatan fisik maupun bathin. Beliau mengatakan: Seorang yang senatiasa melaksanakan shalat akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam jiwa. Kondisi jiwa yang tenang dan tenteram akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan produksi hormon dalam tubuh. Keseimbangan antara jasmani dan rohani akan membuat organ tubuh seseorang bekerja dengan baik. Kondisi seperti ini akan memperlambat proses penuaan yang terjadi pada organ tubuh.

Pernyataan ini juga dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa 36 % dari mereka yang melakukan ritual keagamaan memiliki kondisi yang lebih bagus dibandingkan dengan mereka yangtidak melakukan ritual keagamaan. Sementara mereka yang tidak melakukan ritual keagamaan, hanya 26 % saja yang memiliki kondisi kesehatan yang bagus. Juga dalam penelitian, sujud yang dilakukan seorang muslim sebanyak 4 kali dalam sehari memiliki pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan fisik seseorang. Gerak yang dilakukan dalam sujud akan memperkuat tulang dan otot terutama otot paha, tumit, dan kaki.

Gerak yang dilakukan dalam shalat juga berfungsi memperkuat ketahanan fisik dari berbagai macam penyakit, terutama nyeri persendian, tulang dan reumatik. Selain itu, gerakan sujud yang dilakukan oleh seorang muslim dalam shalatnya juga akan membuat peredaran darah menjadi lancar terutama peredaran darah dari arah atas menuju bawah.

Selain itu, juga sebagaimana yang dikemukakan oleh Dr. Faris Aazuri ahli penyakit urat syaraf dan persendian yang bekerja di salah satu universitas di Amerika menyatakan: Sesungguhnya shalat yang dilakukan oleh kaum muslimin, yang di dalamnya terdapat gerakan rukuk dan sujud memiliki manfaat yang besar. Kedua gerakan tersebut berfungsi untuk menguatkan punggung dan mampu melenturkan urat-urat yang ada di sekitar punggung. Hal ini akan lebih dirasakan manfaatnya jika seseorang melakukan shalat sejak usia dini.

Kebiasaan melaksanakan shalat akan mencegah seseorang terserang penyakit yang disebabkan oleh melemahnya urat. Kondisi urat yang lemah ini akan mengakibatkan timbulnya rasa sakit yang luar biasa. Juga dalam penuturan Dr. Mushthafa Al-Haffar mengatakan: Posisi sujud memiliki pengaruh dan manfaat yang sangat besar bagi rahim kaum ibu. Selain itu, gerakan sujud yang biasa dilakukan kaum muslimin dalam shalatnya juga memiliki manfaat yangbesar. Di antaranya adalah menekan udara yang ada dalam perut menuju mulut. Kondisi yang demikian sangat bagus bagi kesehatan seseorang. Juga gerakan yang dilakukan pada waktu ruku’ akan dapat menguatkan otot perut, dan juga sangat bermanfaat bagi pencernaan seseorang.

Kemudian pada salah satu hasil penelitian dunia kesehatan menyimpulakan bahwa gerakan ruku’ dan sujud dalam shalat yang dilakukan dalam jangka waktu yang agak lama memiliki manfaat yang sangat bagus terhadap kesehatan hati dan urat nadi. Juga gerakan-gerakan dalam shalat berfungsi untuk mengurangi resiko terganggunya kenerja hati yang saat ini banyak diderita oleh masyarakat Barat yang non muslim.

Baru-baru ini dilakukan penelitian di Prancis, pada penelitian tersebut menyimpulkan bahwa 18 hingga 20 % masyarakat Prancis menderita nyeri tulang dan nyeri punggung. Hal ini diseebabkan oleh kebiasaan mereka yang duduk terlalu lama di kantor. Penelitia tersebut juga menyimpulkan bahwa shalat yang dilakukan oleh kaum muslimin merupakan cara terbaik agar seseorang dapat terhindar dari penyakit punggung.

Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan di bawah ini secara rinci manfaat shalat bagi fisik, jiwa dan akal yaitu:

  • Menguatkan otot dan persendian, sebab gerakan shalat menjadikan semua persendian dan otot manusia bergerak
  • Menguatkan tulang punggung, mencegah agar tidak kering dan bengkok
  • menguatkan kondisi sendi-sendi kaki
  • Gerakan sujud dalam shalat juga memiliki manfaat yang besar. Di antaranya adalah mencegah penumpukan lemak dan mengautkan urat perut dan memperbaiki kinerja pencernaan
  • Bacaan-bacaan dalam shalat juga berfungsi sebaga latihan pernafasan yang sangat baik bagi kesehatan
  • Menjadikan fisik manusia secara umum berada dalam kondisi lebih sehat dan menunda penuaan
  • Sujud yang dilakukan agak lama memiliki manfaat untuk menguragi tekanan darah tinggi
  • Akan membuat seseorang tidak rentan terserang penyakit hati, membuat perdaran darah menjadai noramal dan sehat, dan mencegah kenaikan kadar kolestrol dalam darah
  • Prilaku dan sikap hidup mereka yang melakukan shalat dengan benar akan sangat membantu kondisi kesiapannya dalam mengahadapi gangguan yang bersifat psikologis

Para ahli kesehatan menyimpulkan bahwa semakin banyak seorang melaksanakan ibadah-ibadah dalam Islam seperti melakukan shalat dan membaca al-Qur’an maka akan melahirkan kondisi jiwa yang tenang, damai dan tenteram bagi seseorang.

Itulah beberapa manfaat dari shalat yang dilakukan oleh seorang muslim setiap harinya dalam penelitian para ahli kesehatan. Di samping shalat sebagai media komunikasi dengan Allah SWT dan sebagai aset (modal) untuk hari akhirat, ternyata shalat memiliki arti dan manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan fisik dan jiwa seseorang. Selain dari yang disebutkan di atas masih banyak lagi manfaat dari shalat yang dilakukan sesorang seperti akan mengokohkan keimanannya kepada Allah dan mempunyai kekuatan untukencegah seseorang dari berbuat keji dan kemungkaran serta menuntun seseorang menjadi disiplin dalam berbagai hal.

ditulis oleh: Rahmat Syam Rangkuty, Mahasiswa STAI YASTIS Padang

sumber: http://www.padangekspres.co.id/


1 Comment

  1. qonaah says:

    alhamdulillah.syukron,,artikel yg sgt membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: