TKQ/TPQ/RA Al-Falah

Home » RA Al-Falah » Kurikulum

Kurikulum

PROGRAM TAHUNAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RA AL-FALAH
USIA 5 < 6 TAHUN ( KEL.B)
NO LINGKUP PERKEMBANGAN TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN SEMESTER I SEMESTER II
07 08 09 10 11 12 01 02 03 04 05 06
1 Akhlakul karimah, Sosial 1 Mengenal tata cara berakhlakul kepada Allah SWT
emosional dan kemandirian 2 Memiliki akhlak yang baik dalam diri sendiri
( ASK ) 3 Mengenal tata cara berakhlak/berprilaku terhadap sesama
4 Mengenal tata cara berakhlak/berprilaku terhadap binatang dan alam
5 Menunjukkan sikap kedisiplinan
6 Bertanggung jawab
7 Menunjukkan sikap kemandirian
8 Mengendalikan perasaan
9 Menunjukkan rasa percaya diri
2 Pendidikan Agama Islam ( PAI ) 1 Dapat mengenal 6 aspek rukun iman
2 Dapat mengenal 5 aspek rukun Islam dan cara beramal sholeh
3 BAHASA 1 Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
A. Menerima Bahasa 2 Mengulang kalimat yang lebih kompleks
3 Memahami aturan dalam suatu permainan
B. Mengungkapkan Bahasa 4 Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
5 Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
6 Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal
simbol-simbol untuk persiapan membaca
7 Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap
8 Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
9 Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
C. Keaksaraan 10 Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
11 Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
12 Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
13 Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
14 Membaca nama sendiri
15 Menuliskan nama sendiri
4 KOGNITIF 1 Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi
A. Pengetahuan Umum dan 2 Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik ( seperti:
     Sains apa yang terjadi ketika air ditumpahkan )
3 Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4 Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya ( angin bertiup menyebabkan daun
bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah )
5 Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan ( seperti : “ayo kita
bermain pura-pura seperti burung” )
6 Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
B. Konsep bentuk, warna, 7 Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; atau
     ukuran, dan pola ” paling/ter”
8 Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran ( 3 variasi)
9 Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sejenis
atau kelompok yang berpasangan yang lebih dari 2 variasi
10 Mengenal pola ABCD ABCD
11 Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau
sebaliknya
C. Konsep bilangan, lambang, 12 Menyebutkan lambang bilangan 1-10
    dan huruf 13 Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
14 Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
5 FISIK 1 Menirukan gerakan tubuh secara koordinasi untuk melatih kelenturan,
A. Motorik Kasar keseimbangan dan kelincahan
2 Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan kepala dalam melakukan tarian
atau senam
3 Melakukan permainan fisik dengan teratur
4 Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
5 Melakukan kegiatan kebersihan diri
B. Motorik Halus 6 Menggambar sesuai dengan gagasannya
7 Meniru bentuk
8 Melakukan eksplorasi dengan berbagai media
9 Menggunakan alat tulis dengan benar
10 Menggunting sesuai pola
11 Menempel gambar dengan tepat
12 Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
C. Kesehatan Fisik 1 Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
2 Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
3 Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: